Friday, January 1, 2016

Konsep Flyover Air Hitam yang Membuatnya Bakal Keren

Konsep Flyover Air Hitam yang Membuatnya Bakal Keren 

Misi Pemerintah Kota Samarinda mengadakan satu kecamatan satu taman bukan main-main. Flyover Air Hitam pun tak luput dari bidikan. Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda berencana membuat taman kecil di bagian bawah jalan layang itu.

Kepala DKP Samarinda Dadang Airlangga mengatakan, taman itu berbentuk vertikal seperti di bundaran simpang empat Mal Lembuswana. Dinding flyover bagian bawah dipasangi tanaman hias dan penyiram otomatis.

Dadang menjelaskan, bakal ada tandon yang ditempatkan di bagian bawah. Tandon berisi air untuk menyiram tanaman dan disedot dengan pompa. Air disiram ke atas. Air itu mengalir kembali ke tandon bawah sehingga bersirkulasi. “Agar airnya tidak habis,” ucap dia.

Namun, ungkap dia, ada opsi tandon itu bakal ditanam di dalam tanah agar tak memakan tempat dan lebih terlihat indah. Taman kecil tersebut terinspirasi dari beberapa taman di Jakarta dan Surabaya.

Kendati demikian, dia mengakui belum ada rancangan anggaran soal taman itu. Saat ini, masih dimatangkan konsepnya dan masih menunggu ahli pot dan bunga dari luar kota. Untuk memutuskan tanaman apa yang cocok dipasang di bawah flyover. “Suhunya 33–37 derajat. Tanaman apa yang cocok. Dilihat dulu tingkat kelembapannya,” ulas dia.

Sebelumnya, project manager PT Wijaya Karya untuk flyover Air Hitam, Rendi Meivishar, mengatakan bahwa bagian bawah flyover mau dibuat semacam taman oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Samarinda. Pihaknya sudah menyiapkan space dan trotoar. Saat ini, pekerja sedang menyemen bagian bawah flyover. 


kaltim.prokal.co