Saturday, July 12, 2014

Berolahraga dan Berwisata Belanja di Stadion Madya Sempaja Samarinda

Stadion Madya Sempaja merupakan sebuah stadion yang berada di wilayah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di kawasan Sempaja Selatan, Samarinda Utara. Berada di jalan K.H Wahid Hasyim juga berada di sebelah Convention Center yang baru diresmikan beberapa minggu yang lalu. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 penonton. 

Stadion ini memliki fasilitas yang bagus dan karena itu pula menjadikannya terpilih menjadi stadion terbaik Divisi I Liga Indonesia 2007 dan pernah menjadi kandang klub Divisi Utama Persisam Putra Samarinda. Stadion Madya Sempaja berada di komplek Stadion Sempaja. Di wilayah komplek ini terdapat sebuah hotel yang fungsinya sebagai tempat menginap bagi atlet-atlet yang bertanding di Stadion Sempaja.

Di Stadion Madya Sempaja, lingkungannya sangat sejuk karena banyak pohon-pohon ditanam di pinggir jalan. Jadi di hari minggu stadion ini penuh dengan aktivitas-aktivitas orang yang ingin lari pagi, juga bermain bola di area parkirnya, ada  juga Sekolah Sepak Bola atau SSB yang melakukan aktivitas di lapangan gor Sempaja.

Nah disini juga selain fungsinya untuk berolahraga juga kadang bila ada pameran, banyak kios-kios yang menjual beranekaragam peralatan bahkan hiburan-hiburan juga ada. biasanya pameran di Stadion sempaja tersebut diadakan selama 3 hari mulai hari jumat sampai hari minggu.

Mari kita telusuri beberapa bagian dari Stadion Sempaja berikut.

Kebetulan rumah saya dekat dengan Gor Sempaja, jadinya kalau berjalan kaki hanya memakan waktu 15 menit saja. Dimulai dari bagian depan, jalan masuknya sangat rapi.




Di sana ada hotel Atlit yang berguna untuk penginapan atlit-atlit yang bertanding di Samarinda

Di sini adalah bgian depan Stadion Madya Sempaja











Bangku Penonton di gor sempaja. Lama tidak ditempati jadinya kotor bangkunya
 

Lapangan di Gor Sempaja. Biasanya setiap hari minggu ada Sekolah Sepak Bola di lapangan tersebut. Disekeliling lapangan ada arena lari.




 Di sini juga ada kantor DISPORA provinsi Kalimantan Timur

 Juga ada asrama atlet tempat atlet yang belajar dan menginap di sini.


Di dalam asrama atlet ada tempat manjat tebingnya juga. Ternyata manjat tebing pakai ini susah ya. Apalagi kemiringannya lebih dari 90 derajat.



Terakhir di sini ada gor latihan. Banyak tempat tempat-tempat latihan di sini seperti arena bela diri, tenis meja, ada juga tempat futsal yang namanya planet futsal.




Jadi bagi yang berkunjung ke Samarinda coba-coba singgah di Stadion Sempaja Samarinda, selain banyak sejuk udaranya, di pinggir jalan banyak pedagang-pedagang yang berjualan aneka makanan, juga ada cek kesehatan gratis di Stadion tersebut.

"SEKALI MINUM AIR MAHAKAM,
TERPIKAT JANJI HATI TERPENDAM                                                                  
PASTI KEMBALI KE SAMARINDA SAYANG,   
ITULAH BUKTI KESATIAN MAHAKAM "                   

SEKIAN DULU TULISAN KALI INI  SEMOGA BERMANFAAT  


 Oleh Penulis