Sunday, June 29, 2014

Pariwisata Kota Samarinda

Kali ini kita akan membahas pariwisata di kota samarinda. Kurang pas apabila kalau berkunjung ke Samarinda kalau tidak mengunjungi tempat-tempat wisata di samarinda. Tempat apa sajakah itu? ini dia beberapa tempat wisata kota Samarinda.

Kebun Raya Unmul

Tempat ini sangat menjanjikan buat yang ingin berwisata alam. Di sini banyak sekali binatang-binatang khas kalimantan seperti orang utan, beruang madu, buaya muara, dan sebagainya. Di sini juga terdapat kolam yang luas, di sana pengunjung bisa menaiki sepeda air yang sudah disediakan di sana. Ada juga tempat untuk bermain balapan di sana. Udaranya juga segar karena letaknya juga jauh dari pusat kota, berada di jalan D.I Panjaitan
.

Pariwisata Kota Samarinda 


Air Terjun Tanah Merah


Berada tidak jauh dari kebun raya unmul, di sinilah air terjun tanah merah. tempat ini cocok untuk dijadikan tempat beristirahat wisatawan yang berkunjung ke samarinda. Dilengkapi dengan pondok-pondok, banyak pohon buat berteduh, dan juga tempat parkir yang luas. Tapi sayangnya tempat ini masih belum mendapat perhatian pemerintah jadi agak sulit menemukan tempat wisata ini.

Pariwisata Kota Samarinda

Desa Budaya Pampang

Tempat ini jadi obyek wisata andalan di Samarinda berada di daerah sungai siring. Tapi akses kesana masih lumayan susah karena jalan yang berlubang dan dikelilingi pemukiman kota. Di sini pengunjung bisa langsung melihat budaya dan adat istiadat masyarakat dayak. Setiap hari minggu ditampilkan atraksi budaya dari suku dayak kenyah. Mereka juga menjual souvenir khas dayak.
Pariwisata Kota Samarinda

Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda

Nah ini dia ikon dari Samarinda Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda. Masjid ini berada di jalan Slamet Riyadi. Pemandangan di sekitar masjid ini bagus sekali karena di seberang tepian mahakam. Masjid ini menjadi masjid terbesar ke dua di Indonesia setelah masjid Istiqlal di Jakarta, dan menjadi masjid dengan lahan terluas di Indonesia. Bukan cuma untuk tempat ibadah, beberapa tempat di masjid ini juga dijadikaan tempat acara-acara pernikahan dan sebagainya. Halaman parkirnya pun luas sekali juga pernah dijadikan acara sosialisasi.

Pariwisata Kota Samarinda
Pariwisata Kota Samarinda
Pariwisata Kota Samarinda
Pariwisata Kota Samarinda
 


Pariwisata Kota Samarinda 


Pariwisata Kota Samarinda
 Masjid ini memiliki menara Asmaul Husna yang bisa digunakan untuk melihat kota Samarinda dari ketinggian

Pariwisata Kota Samarinda

Selain beberapa tempat wisata di atas, Samarinda juga memiliki objek wisata belanja.

Mall Mesra Indah
Mall ini adalah mall pertama yang berdiri di kota Samarinda, mall ini terdiri dari 4 lantai, didalamnya terdapat Giant Supermarket, Hawaii Dept. Store Era 5000, Texas Chicken, Fun City, Mesra Food Court serta kios usaha-usaha masyarakat lokal dll. Berada di jalan K.H Khalid dan letaknya berada di dekat pasar pagi, Mall Mesra Indah berada di daerah yang sangat padat dan di sekitarnya banyak jalan-jalan satu arah.

Pariwisata Kota Samarinda


Samarinda  Central Plaza
Berada tidak jauh dari Mall Mesra Indah di jalan Pulau Banda dan di samping hotel Aston Samarinda membuat SCP menjadi tempat yang strategis untuk berbelanja. Tapi sayangnya masih dikelilingi kawasan yang padat. SCP memiliki 5 lantai ada fasilitas  Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, Toko Buku Karisma, Hero Supermarket, McDonald's, Fun City, Amazone, Bioskop 21, Cinema XXI,  Ramayana Supermarket, Bread Life, Innovation Store, Toko Mainan Gama, dan lain-lain. Kadang duduk-duduk di depan teras SCP itu terasa nyaman sekali
Pariwisata Kota Samarinda

Mall Lembuswana
Mall ini berada di perempatan jalan M. Yamin dan letjen S. Parman. Mal lembuswana memiliki area yang sangat luas. Mal lembuswana merupakan mal kedua yang dibangun di Samarinda sekitar tahun 1998. Di mall ini tersedia Foodmart, Matahari Dept. Store, KFC, Texas Chicken, AFC, Gramedia, Era 5000, Bread Life, TimeZone, Toko buku Aziz, Gajahmada Department Store dan lain-lain. Berada di daerah yang tidak terlalu padat membuat akses ke Mall ini cukup mudah
Pariwisata Kota Samarinda

 Samarinda Square
 Tidak jauh dari Mal lembuswana hanya 1 KM dari sana di sinilah Samarinda Square. Mal yang diresmikan tahun 2010 lalu memiliki 3 lantai. Di sana terdapat Ramayana Dept. Store, Robinson, Solaria, Texas Chicken, Zone 2000, Shoe Mart dan lain-lain. Mal ini berada di jalan M. Yamin dengan tata kota sekitarnya yang rapi membuat mal ini terlihat indah.
Pariwisata Kota Samarinda

Plaza Mulia 
Plaza Mulia berada di jalan Bhayangkara. lokasinya sangat strategis berada di dekat Balai kota, pom bensin, Hotel Mesra, dan Gor Segiri. Mal ini di resmikan tahun 2010, terdiri dari 5 lantai. Di sini terdapat Kentucky Fried Chicken, J.CO Donuts & Coffee, Texas Chicken, A&W Restaurants, Pizza Hut, BreadTalk, BreadLife, Fun World, Hypermart, Matahari Department Store, dan lain-lain. Mal ini memiliki masjid Syeikh Mahmuddin dan juga memiliki sebuah hotel yang bernama hotel Selyca.
Pariwisata Kota Samarinda 

Nah itu tadi beberapa Mal di Samarinda. Sudah terbilang cukup banyak Mal sehingga jadi bingung mau pilih mal yang mana.

Di samarinda juga memiliki tempat wisata kuliner. Salah satunya adalah
Kampoeng Nasi Kuning
 Letaknya berada di jalan Lambung Mangkurat. Di sini tempatnya cukup padat apalagi kalau menjelang malam. Di daerah sini banyak tersedia warung nasi kuning di mana-mana. 
Pariwisata Kota Samarinda

Nasi kuning adalah makanan khas Samarinda. Nasinya berwarna kuning dari kunyit. Dengan tambahan santan dan bumbu-bumbu membuat nasi kuning menjadi makanan top di samarinda. lauk pauknya biasanya berisi daging ayam, daging sapi, ikan haruan, dan telur rebus. Harga nasi kuning di Samarinda cukup terjangkau. Biasanya dijual dengan harga sepuluh ribu rupiah per satu porsi
Pariwisata Kota Samarinda

Pariwisata Kota Samarinda
"SEKALI MINUM AIR MAHAKAM,
TERPIKAT JANJI HATI TERPENDAM
PASTI KEMBALI KE SAMARINDA SAYANG,
ITULAH BUKTI KESATIAN MAHAKAM "

SEKIAN DULU TULISAN KALI INI  SEMOGA BERMANFAAT
  

Oleh Penulis, Referensi: http://www.wisatakaltim.com dan http://fandinurazha.blogspot.com/2010/07/mall-di-samarinda.html