Monday, June 30, 2014

Oleh-oleh dari Samarinda

Tak lengkap rasanya kalau mau meninggalkan kota Samarinda tanpa membeli oleh-oleh dari Samarinda. Berikut ini oleh-oleh khas Samarinda dibuat untuk anda.

Amplang

 Ya makanan ringan dari Samarinda ini mempunyai cita rasa yang gurih dan dengan tekstur yang renyah. Terbuat dari campuran tepung tapioka , ikan pipih dan bumbu-bumbu. Bentuknya bulat batangan dengan panjangnya sekitar kelingking dengan warna putih kekuningan. Amplang bisa didapat di daerah teluk lerong karena banya penjual amplang di daerah tersebut.



Oleh-oleh dari Samarinda


Sarung Samarinda
Sarung Samarinda adalah jenis kain tenunan tradisional khas Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sarung ini dibuat dengan cara ditenun dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang disebut Gedokan. Produk yang dihasilkan untuk satu buah sarung memakan waktu hingga berminggu-minggu, tak heran bila harga sarung samarinda tenun bisa mencapai ratusan ribu rupiah. 

Oleh-oleh dari Samarinda 


Kaos Jukut
Kaos jukut adalah kaos oblong asli karya anak samarinda kalimantan timur, kalau di jogja ada Dagadu, di bali ada Joger, di samarinda ada JUKUT Kaos oblong asli rasa Kalimantan Timur.

Jukut berasal dari bahasa Kutai yang berarti Ikan. Alasan memilih jukut sebagai merek kaosnya adalah ingin melestarikan bahasa daerah Kalimantan Timur, dimana Kutai merupakan salah satu suku asli Kalimantan Timur.Jukut berasal dari bahasa Kutai yang berarti Ikan. Alasan memilih jukut sebagai merek kaosnya adalah ingin melestarikan bahasa daerah Kalimantan Timur, dimana Kutai merupakan salah satu suku asli Kalimantan Timur. Harga satuan per baju mulai dari 70 ribu, untuk semua ukuran.

Oleh-oleh dari Samarinda


Roti Durian Panglima
Kini, Durian dikemas menjadi berbagai makanan baik buahnya ataupun rasa/aromanya. Salah satu makanan yang lagi ngetren di Samarinda yakni Roti Durian yang diproduksi oleh Roti Durian Panglima, Samarinda. Dengan menyajikan durian asli di antara irisan roti, produk ini banyak disuka oleh penggemar durian. Tagline-nya pun cukup menggoda, Lembut Rotinya, Nendang Duriannya. Roti Durian tersedia dalam 2 asa yakni rasa Original dan rasa Keju.

Oleh-oleh dari Samarinda


 Ya sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh dari Samarinda kalau mau lebih lengkap tentang oleh-oleh di samarinda bisa mengunjungi http://eastkalimantancenter.blogspot.com atau bisa mengunjungi East Kalimantan Center di jalan P. Antasari no 1. Samarinda


Oleh-oleh dari Samarinda 
"SEKALI MINUM AIR MAHAKAM,
TERPIKAT JANJI HATI TERPENDAM
PASTI KEMBALI KE SAMARINDA SAYANG,
ITULAH BUKTI KESATIAN MAHAKAM "

SEKIAN DULU TULISAN KALI INI  SEMOGA BERMANFAAT
  

Oleh Penulis, referensi: http://eastkalimantancenter.blogspot.com